Photobucket

ShareThis

Jumat, 11 November 2011

Ibu Hamil Trimester Pertama/Awal (1-3bln) Perlu tahu ini

Ngidam dan tak suka makanan
Ternyata, hampir 80%wanita hamil mengaku mengidam, sedangkan sekitar 85% wanita hamil mengaku tidak bisa menelan makanan tertentu. Jadi, kita harus menuruti keinginan atau menjauhi makanan yang tidak disukai? Jika  mengidam makanan yang sehat dan tidak melahap berkantung-kantung keripik kentang atau berliter-liter es krim,ya silakan saja. Hanya saja, batasi camilan hingga 75-100 kalori sajian dalam sehari. Untuk makanan yang sedang tidak disukai, gantilah dengan makanan lain yang aman bagi perut:
Bila  tidak bisa minum susu, ganti dengan keju rendah lemak, keju cottage,atau yogurt. Bisa juga, Anda menyelipkan susu dalam saus, sup, havermut, atau pancake.
Jika tidak dapat menelan sayuran, kunyahlah buah-buahan yang kaya beta-karoten,seperti mangga, apricot, atau semangka.
Kalau tidak bisa makan daging, cobalah kacang-kacangan. Atau, sembunyikan daging sapi atau ayam dalam saus atau sup.

Morningsickness
Hampir 85% calon mama mengalami mual dan muntah. Dan, ini bisa berlangsung sepanjang hari! Walaupun penyebabnya tidak terlalu jelas, hormon chorionicgonadotropin diyakini sebagai biang keladinya. Semakin banyak hormon itu pada tubuh, semakin mual-muallah kita. Kabar baiknya: Menurut beberapa pakar,semakin mual , semakin kecil risiko  mengalami keguguran atau kelahiran prematur. Jadi, bagaimana caranya menghadapi morning sickness?
          Makan sedikit-sedikit. Makan dalam porsi kecil (tapi sering) bisa meredakan rasa mual dan membuat perut kenyang (mual akan menghebat begitu perut kosong). Daripada memaksakan diri mengonsumsi makanan yang lunak, para pakar lebih menyarankan agar  makan apapun yang diinginkan (asal makanan itu menyehatkan!). Bila perut  cuma bisa ‘menerima’ roti bakar keju selama beberapa hari, biarkan saja.
          Mengonsumsi jahe. Jahe terbukti benar-benar berkhasiat meredakan rasa mual. Jadi, parutlah jahe yang segar dan masukkan dalam teh atau jus. Dengan begitu,  bisa mendapat manfaat yang optimal.
       Cobavitamin B6. Suplemen vitamin ini bisa membuat perut Anda lebih cepat kosong. Tanyakan pada dokter dosis yang paling pas untuk Anda

Sensasi penciuman meningkat
Banyak wanita mengatakan,indra penciumannya semakin kuat selama kehamilan. Salah satu teori menyatakan: Kondisi ini akan membantu menjauhkan diri dari makanan yang mengandung banyak bakteri atau racun alami, yang bisa membahayakan janin selama periode penting dalam pertumbuhannya. Sensasi penciuman yang kuat ini akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Sering buang air kecil
Sekalipun tubuh belum menunjukkan tanda-tanda kehamilan, rahim terus berkembang. Kondisi ini menyebabkan tekanan pada kandung kemih (yang sebenarnya tidak pernah benar-benar kosong). Plus, ginjal  terus-menerus bekerja membuang kotoran dari tubuh. Akibatnya, kita sering sekali buang air kecil. Meski begitu, jangan mengurangi porsi minum , dan jangan menahan buang air kecil (kebiasaan ini bisa menyebabkan infeksi saluran kemih). Untuk mengurangi frekuensi buang air kecil di malam hari, berhenti minum beberapa jam sebelum tidur, jangan minum kafein (kafein bisa merangsang kandung kemih), dan buang air kecil sekali lagi sebelum mematikan lampu.

Berjerawat
Hormon yang bekerja terus-terusan bisa membuat kulit memproduksi lebih banyak  minyak. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, jerawat akan menghilang. kitabisa mengendalikan jerawat yang ‘bandel’ dengan cara berikut:
Jangan menggosok atau terlalu sering membersihkan kulit. Gunakan pembersih yang lembut agar kulit tidak terlalu kering nantinya.
Beralih pada pelembap yang bebas minyak. Tak ada alasan untuk menambah minyak pada kulit yang sudah berminyak!
Baca label pada produk pilihan. Asam glycolic oke digunakan.Tapi, hindari produk yang mengandung benzoyl peroxide, asam salicylic, retinol,atau steroid, sebab berpotensi membuat bayi lahir cacat.

Sesak napas
Wanita hamil sebenarnya menarik napas lebih dalam, dan ini baik karena menyuplai lebih banyak darah yang mengandung oksigen. Sekalipun  cukup udara, jangan kaget bila tiba-tiba kita sesak napas. Sebagian di antaranya adalah karena bayi lebih banyak mengeluarkan karbondioksida pada kita.

Sakit kepala
Kadar gula darah yang rendah (akibat perubahan metabolisme tubuh), meningkatnya kerja hormon, dan berkurangnya aliran darah ke otak bisa memicu sakit kepala yang hebat pada beberapa calon mama. Bila  sakit kepala, gunakan kompres panas atau dingin, pijat pelipis, dan cari udara segar. Jika cara ini gagal, acetaminophen cukup aman bagi wanita hamil. Kalau  menderita migrain, berkonsultasilah pada dokter.

Mata kering atau gangguan penglihatan
Dengan meningkatnya sirkulasi darah, tubuh kita agak membengkak (termasuk mata). Kornea mata akan menebal dan ‘menonjol’, sehingga mengganggu penglihatan. Bagi pemakai contact lens, sebaiknya disimpan dulu dan gantilah dengan kacamata biasa hingga melahirkan. Sekalipun Anda tidak mengalami gangguan penglihatan, mata bisa agak kering akibat berubahnya hormon. Gunakan obat tetes mata untuk membasahi mata dan, bila perlu, kunjungi dokter agar diresepkan kacamata yang digunakan untuk sementara waktu saja.

Kelelahan
Kelelahan selama 24 jam sehari? Ini paling sering terjadi dalam kehamilan. Beban tubuh semakin beratuntuk menanggung laju pertumbuhan janin: Indung telur memroduksi hormon progesteron (yang efeknya menenangkan) dan volume darah meningkat hingga 50% untuk menyuplai darah ke janin.

Penyebab lain kelelahan ini (yang sering tidak disadari!) adalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Tambahan zat besi dibutuhkan untuk menghasilkan sel darah merah pada bayi. Bila kandungan zat besi tidak mencukupi, janin akan mengambil apa yang dibutuhkannya dari tubuh kita. Akibatnya, cadangan zat besi dalam tubuh berkurang. Biasanya,dokter akan menganjurkan tes darah pada kunjungan pertama pemeriksaan kehamilan untuk mengecek simpanan zat besi kita. Jika cadangan zat besi tidak mencukupi,dokter akan meresepkan suplemen.
Inilah cara lain untuk mengatasi kelelahan:
Bergerak terus. Misalnya, jalan kaki atau melakukan peregangan ringan. Anda bisa segar lagi jika melakukannya selama beberapa kali dalam seminggu (20 menit setiap kalinya).
Konsumsi vitamin kehamilan. Vitamin akan mengisi kekurangan asupan tubuh, terutama bila selera makan sedang menurun. Karena mengandung zat besi, vitamin ini bisa mengatasi anemia.
Tidurlah selagi bisa. Jika kita bekerja, sisihkan waktu sekitar 15 menit untuk beristirahat (tidur) di meja.

Payudara membengkak
Sekalipun ukuran janin masih kecil, payudara sudah bersiap-siap untuk menyusuinya. Perubahan hormon dan membesarnya saluran ASI (sekitar minggu ke enam kehamilan) akan membuat payudara terasa membengkak dan nyeri. Untuk meredakan rasa sakit:
Belilah BH yang ukurannya lebih besar dengan pengait ekstra, sehingga mudah diatur-atur sesuai kebutuhan.
Kenakan BH ‘tidur’ dari katun lembut bila rasa nyeri membuat sulit tidur. BH ini bisa menopang payudara.

Perubahan libido
Perubahan hormon dan peredaran darah bisa membuat vagina dan klitoris menjadi lebih lembut dan sensitif. Bagi sebagian wanita, ini berarti meningkatkan libido (orgasme lebih intens atau bisa berkali-kali). Sebagian wanita lagi malah enggan berhubungan seks.

Apapun mood kita, hal itu termasuk normal. Tapi, libatkan suami dalam kondisi ini: Beritahu apa yang kita rasakan dan  membuat kita bergairah (atau tidak bergairah), sehingga ia tidak merasa ditolak. Ingat, seks tak sekadar bersenggama saja. Pelukan, sentuhan, dan belaian di punggung adalah cara lain untuk menjaga kemesraan.

Emosi turun-naik
Hormon, kurang tidur di malam hari, dan gangguan kehamilan lain bisa menjadi penyebab tidak stabilnya emosi. Semua perasaan ini benar-benar wajar! Lebih baik kita berusaha mengendalikan diri (pasangan pasti berterima kasih!). Caranya? Cukup istirahat dan rajin berolahraga. Juga, cari teman-teman curhat (terutama yang sedanghamil) via telepon, e-mail atau ngobrollangsung.

Jadi…

Tiga bulan pertama kehamilan adalah saat-saat yang menyenangkan – tapi, mungkin, sedikit mencemaskan. Perubahan pada tubuh akan memunculkan gejala yang bervariasi dan seabrek masalah  emosi. Berkonsultasi pada dokter bila ada yang tidak dimengerti.

2 komentar:

  1. sangat membantu dan banyak manfaat yang saya ambil,,,
    trmkasih,

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah kalau memberi manfaat, sama-sama mas ali...

    BalasHapus

Ada Masukan, Kritik, Pertanyaan...? ketik ajahh......
emg saya baru nge-blog,jd perlu komentar Sob..hehe..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...