Photobucket

ShareThis

Kamis, 03 November 2011

INFERTILITAS



DEFINISI
v Fertilitas adalah kemampuan seorang isteri untuk menjadi hamil dan melahirkan anak hidup oleh suami yang mampu menghamilkannya.
v Riwayat fertilitas sebelumnya tidak menjamin fertilitas di kemudian hari.
v Infertilitas primer adalah kalau isteri belum pernah hamil walaupun bersanggama tanpa kontrasepsi dan dihadapkan pada kemungkinan kehamilan selama 12 bulan.
v Infertilitas sekunder adalah kalau istri pernah hamil akan tetapi kemudian tidak hamil lagi walaupun bersanggama dan dihadapkan kepada kemungkinan kehamilan selama 12 bulan.
v Kemungkinan hamil:
1 bulan
3 bulan
6 bulan
12 bulan
24 bulan
32,7%
57,0%
72,1%
85,4%
93,4%
v 
v Dokter baru menganggap ada masalah infertilitas kalau pasangan yang ingin punya anak itu telah dihadapkan kepada kemungkinan kehamilan lebih dari 12 bulan.


PASANGAN INFERTIL SEBAGAI SATU KESATUAN
v Isteri yang berovulasi tidak selalu dapat dibuahi sel telurnya, umpamanya karena:
§  defek fase luteal
§  fase luteal pendek atau
§  ketidak-tahuan akan saat-saat subur agar sanggama dapat menjadikan kehamilan.
v Perbaikan potensi fertilitas dari salah satu anggota pasagan dapat menghasilkan kehamilan. Pengobatan salah satu anggota pasangan infertile pada hakikatnya meningkatkan potensi fertilitas anggota pasangan infertile tersebut, sehingga jumlah potensi fertilitas pasangan tersebut dapat ditingkatkan lebih besar.
PEMERIKSAAN PASANGAN INFERTIL
v Syarat-syarat pemeriksaan:
1.  Istri yang berusia 20-30 tahun baru akan diperiksa setelah berusaha untuk mendapat anak selama 12 bulan. Pemeriksaan dapat dilakukan lebih dini apabila:
a.   Pernah mengalami keguguran berulang.
b.  Diketahui mengidap kelainan endokrin.
c.   Pernah mengalami peradangan rongga panggul atau rongga perut.
d.  Pernah mengalami bedah ginekologik.
2.  Istri yang berumur 31-35 tahun (boleh diperiksa pada kesempatan pertama pasien itu datang ke dokter).
3.  Istri pasangan infertile usia 36-40 tahun bila belum mepunyai anak dari perkawinan ini.
4.  Pemeriksaan infertilitas tidak dilakukan apabila salah satu pasangan mengidap penyakit yang dapat membahayakan istri atau anaknya.
v Pemeriksaan masalah-masalah infertilitas:
1.  Masalah sperma
2.  Masalah vagina
3.  Masalah serviks
4.  Masalah uterus
5.  Masalah tuba
6.  Masalah ovarium
7.  Masalah peritoneum







Pemeriksaan sperma
v Air mani ditampung dengan jalan masturbasi setelah abstinentia 3-5 hari. Air mani yang ditampung dibawa ke laboratorium dalam waktu 2 jam setelah masturbasi.
v Karakteristik air mani:
§  Koagulasi dan liquifikasi.
§  Viskositas.
§  Rupa dan bau.
§  Volume.
§  pH.
§  fruktosa.
Koagulasi dan liquifikasi.
Air mani yang diejakulasikan akan segera menjadi koagulum lalu meliquifikasi kembali dalam waktu 5-20 menit menjadi cairan yang agak pekat (dapat membenang) guna memungkinkan spermatozoa bergerak dengan leluasa.
Viskositas.
Pengukuran viskositas menggunakan pipet Eliasson. Viskositas tinggi tidak menimbulkan masalah fertilitas kecuali bila dalam pemeriksaan tampak sperma seperti bergerak dalam lumpur atau bergerak di tempat. Pada kadar spermatozoa <60juta/ml, viskositas air mani yang tinggi akan sangat menghambat gerakan spermatozoa.
Rupa dan bau.
Cairan mani yang dikeluarkan berwarna putih kelabu seperti agar-agar. Baunya langu seperti bunga akasia.
Volume.
Setelah abstinensia 3-5 hari, volume air mani berkisar antara 2-5cc. Volume <1cc atau >5cc biasanya disertai spermatozoa yang rendah. 
pH.
Air mani yang diejakulasikan pHnya berkisar antara 7,3-7,7 yang bila dibiarkan lebih lama akan meningkat karena penguapan CO2-nya. Apabila pH>8, hal itu mungkin disebabkan oleh peradangan mendadak kelenjar atau saluran genital. Sedangkan bila pH<7,2 mungkin disebabkan oleh peradangan menahun kelenjar tersebut. Secret kelenjar prostat pH-nya <7.
Fruktosa.
Fruktosa air mani adalah hasil vesikula seminalis yang menunjukkan adanya rangsangan androgen. Fruktosa terdapat pada semua air mani, kecuali pada:
§  azoospermia karena tidak terbentuknya kedua vas deferens.
§  Kedua duktus ejakulatoriusnya tertutup.
§  Keadaan luar biasa


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...